Selasa, 25 Oktober 2016

Whats App Video Call Terbaru

Kabar terbaru datang dari aplikasi media sosial WhatsApp. Sore ini, beredar kabar, WhatsApp atau yang lebih dikenal dengan WA itu telah merilis WhatsApp Messenger 2.16.318 beta yang dilengkapi dengan aplikasi Video Call (panggilan video). Sebelumnya, aplikasi yang kian digandrungi pengguna android ini hanya memiliki aplikasi pengiriman gambar foto dan audio, juga dilengkapi dengan fitur mention pengguna lainnya dalam obrolan.

Whats App Video Call

Fitur terbaru WhatsApp (video call) ini sangat mudah digunakan di WhatsApp. Semudah kita menarik sebuah gambar untuk dilampirkan ke dalam badan pesan dan lalu dikirimkan ke teman obrolan (chatting) kita. Untuk membuat panggilan video, pengguna harus menekan ikon dialer yang muncul di samping ikon pencarian. Saat menekan ikon dialer, pengguna akan mendapatkan pilihan untuk membuat panggilan WhatsApp suara atau video call.

Hanya saja, perlu dicatat bahwa fitur akan hanya bekerja ketika pemanggil dan penerima merupakan bagian dari program pengujian beta Android. Dalam kasus ini, penerima yang masih menggunakan versi lama dari aplikasi (atau bukan bagian dari program pengujian beta) akan mendapatkan prompt (peringatan singkat) yang berisikan pesan “Tidak bisa melakukanpanggilan" dan diikuti dengan teks, "Tidak bisa melakukan panggilan. Penerima (nama kontak dipanggil) perlu memperbarui WhatsApp untuk menerima panggilan video. "
Fitur itu hanya berlaku untuk Android 2.3.4+.

Sejak Maret 2015 memang, fitur video call pada aplikasi WhatsApp memang telah ramai diwacanakan di berbagai forum dunia maya. Hal itu sejalan dengan diluncurkannya panggilan suara dari WhatApp sendiri.

Namun, pihak WhatsApp Inc. sendiri belum merilis apakah benar akan ada fitur Video Call atau tidak dalam aplikasi pengiriman pesan yang telah diakusisi oleh Facebook itu.

Fitur Video Call di Aplikasi WhatsApp dipastikan akan sama dengan Skype dan Line yang juga memiliki fitur yang sama. Namun, dilihat dari kuantitas pengguna WhatsApp yang kian meningkat, bisa diprediksi bahwa fitur baru WhatsApp ini akan menambah jumlah pengguna WhatsApp dan perlahan meninggalkan aplikasi messanger yang memiliki fitur yang sama.

Dalam percobaannya di Gadget 360 membuktikan fitur video call yang tersedia untuk WhatsApp di Android bekerja cukup baik meskipun saat jaringan koneksi cukup buruk. Pengguna yang melakukan panggilan melihat gambar profil, sementara penerima melihat pemanggil dan mereka sendiri melalui kamera depan.

Berita ini cukup membuat saya senang. Setidaknya sebagai pengguna Whatsapp yang selama ini perlahan  meninggalkan penggunaan Blackberry messanger di android saya. Entahlah. Yang jelas, WA sedikit lebih ringan. Teman-teman saya juga banyak yang menggunakan WA. Komunikasi yang kadang tanpa jeda, baik chatting di group maupun di chat antar pengguna serasa lebih lancar jika dibandingkan dengan komunikasi melalui Blackberry Messanger. Bagaimana dengan anda?

Contoh Whats App Video Call
Photo: thenextweb. com